Pages - Menu

Wednesday, August 24, 2011

Tuberculous Meningitis (Radang Selaput Otak Tuberculous)

Mungkin anda baru mendengar nama jenis penyakit ini. Atau mungkin sudah tahu banyak tentang penyakit ini. Di sini saya hanya ingin share tentang pengalaman ketika saya menderita penyakit ini. Untuk lebih jelasnya, pertama-tama saya akan memberi gambaran sedikit tentang Tuberculous Meningitis (Radang Selaput Otak Tuberculous).

Berbagai penyakit dapat menyerang susunan saraf pusat. Salah satunya adalah peradangan pada selaput otak, yang sering disebut sebagai meningitis. Meningitis merupakan penyakit susunan saraf pusat yang dapat menyerang semua orang. Di Inggris, dilaporkan bahwa 3000 orang terkena meningitis setiap tahunnya, baik dewasa maupun anak-anak. Dilaporkan juga bahwa satu dari sepuluh orang yang menderita meningitis akan meninggal, dan sisanya akan sembuh dengan meninggalkan kecacatan (www.meningitis.org). Berbagai faktor dapat menyebabkan terjadinya meningitis, diantaranya infeksi virus, bakteri, dan jamur. Yang saya derita adalah salah satu meningitis yang disebabkan oleh bakteri, yakni meningitis tuberkulosis.

Meningitis tuberkulosis merupakan peradangan pada selaput otak (meningen) yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Penyakit ini merupakan salah satu bentuk komplikasi yang sering muncul pada penyakit tuberkulosis paru. Infeksi primer muncul di paru-paru dan dapat menyebar secara limfogen dan hematogen ke berbagai daerah tubuh di luar paru, seperti perikardium, usus, kulit, tulang, sendi, dan selaput otak.

Saat itu saya baru pulang dari jalan-jalan dengan teman. Begitu sampai di rumah, saya mulai merasa pusing. Saya berpikir bahwa itu hanya pusing biasa karena kecapekan atau mungkin gejala flu. Tapi keesokan harinya pusing itu tidak kunjung hilang. Saya coba minum Panadol dan Decolgen, hampir 3 hari berturut-turut, tapi yang ada justru makin menjadi. Sampai di hari ketujuh, saya coba ke klinik dekat tempat kos. Dokter umum itu bilang saya pusing karena kecapekan. Merasa tidak puas, saya coba ke klinik dekat rumah saya. Kemudian saya diminta tes darah, hasilnya saya positif tipes. Kemudian dokter memberi saya obat, tapi itu tidak membuat saya menjadi lebih baik.

Malamnya, tiba-tiba saya merasakan sakit kepala yang amat sangat hebat. Keesokan harinya saya ke Rumah Sakit Puri Cinere, sampai akhirnya saya dirujuk ke Dokter Saraf (Dr. Eko) dan Dokter Paru (Dr. Cecil). Untuk memastikan bahwa saya terkena meningitis atau tidak, dokter melakukan pungsi lumbal yaitu pengambilan cairan otak melalui tulang belakang. Ternyata hasilnya positif meningitis. Akhirnya saya dirawat selama kurang lebih 2 bulan di rumah sakit.

Di rumah sakit, saya mengalami sedikit guncangan jiwa (lebaayyyy..). Karena tidak ada sedetik pun tanpa rasa sakit, tambah lagi ga ada pacar yang menemaniku siang dan malaaammm huhuhu (mulai melenceng). Yang saya rasakan, seluruh badan saya sakit mulai dari kepala sampai ujung kaki. Tangan bergetar, mata menjadi jereng, keseimbangan berkurang, muntah terus menerus, dan yang paling saya tidak bisa tahan adalah sakit kepala yang tidak pernah berhenti setiap hari. 

Tapi selama saya sakit, banyak sekali dukungan serta support dari teman-teman, kerabat, terutama keluarga. Hal itu membuat saya yang tadinya hampir menyerah, menjadi semangat kembali. Dengan rutin menjalani pengobatan dan melakukan terapi sendiri, sekarang saya sudah kembali sehat dan normal. Saya yakin ini semua karena mukjizat Tuhan, pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat :) Terima kasih juga untuk seseorang yang selama ini menjadi sumber semangat saya, he always brighten my days ^^

9 comments:

  1. Your living is determined not so much by what life brings to you as by the attitude you bring to life.. not so much by what happens to you as by the way your mind looks at what happens.

    Circumstances and situations do color life but you have been given the mind to choose what the color shall be..

    You've been through hell.. and you survived.. Now its your time to take your happiness..

    Get well soon.. Duckling Princess..

    ReplyDelete
  2. Don't make me cry for the second time.. You Stupid Prince. I'm healthy now and I will never forget that someone special has made me could through it all.

    ReplyDelete
  3. yoooo...
    just yoooo...

    ReplyDelete
  4. that's quite an experience... I'm glad you make it through and become stronger

    ReplyDelete
  5. Thk u atas sharingnya, anak sy baru kena meningitis bisa Dan skrng dalam masa pemulihan. Bisa sharing pengalamannya lebih detail? Bisa sy komunikasi lewat phone?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Emily, maaf saya baru cek blog ini bu. Kalau boleh ibu bisa kirim contact ibu ke email saya untuk saya contact. Email saya: helloboham@gmail.com

      Delete
  6. Thank you for sharing your experience. Salah satu kerabat dekat saya terkena TB Paru dan semenjak minum obat dari dokter, ia sering sakit kepala dan mual2. Dokter curiga penyakitnya meningkat menjadi Meningitis TB dan disarankan untuk CT Scan. The problem is, she's (23 yo) afraid of the possibility of this Meningitis TB. It makes her worry so much to the point that she lost her appetite. Can you please share the details about your treatment, how long it takes, what medicine you take, what symptomps you have so that I can encourage her to at least not overthinking about her disease. Really glad to know there's someone out there who survive and willing to share her experience.

    Regards,

    ReplyDelete
  7. smnggu lalu sy opname tipes,tp gjalanya sprti yg km alami nah pas drawat sya hanya mnjalani ct csan tp hasilnya smua baik,tp untk lumbal pungsi sy mnolak krna mngkin sy tkt untk tau jka ada pnyakit lain..

    ReplyDelete
  8. For years, I have read and seen the advertisements in the mass media about all of the penis enhancement pills and thought that they were all scams or gimmicks. All of the medical sites that I have visited stated that none of the herbal supplements would ever help increase the size of a penis. I got very depressed when I read this, because unfortunately I was not naturally blessed with a penis that was big enough to arouse my sexual partner or past partners. I am a man that is past my sexual prime time and my sexual performance has a lot to be desired. I decided to try Doctor Akhigbe herbal medicine after all the reading and researching that I have done.I saw a testimony " Joe" about doctor Akhigbe Herbal Medicine Since there is a Money Back Guarantee, I give him a trial what did I have to lose? I couldn't believe the results I was seeing after drinking the Natural  Herbal Medicine  and Herbal Soap to be Rubin my penis! he sent to me through DHL courier delivery service . Within about 2 weeks I had a noticeable increase in the girth of my penis. Then after a couple of additional week it started to grow in length and I was amazed and very excited.before I finish the drink and the soap my penis had grown an additional two inches. I've had a considerable improvement with my sex life and these pills are certainly worth every penny I spent on them! I want to thank Dr Akhigbe for the time and effort they have spent on helping people in my situation.I know many are out there who are suffering this problem and they need help, email him.    drrealakhigbe@gmail.com.    He also cure other diseases like: Painful or Irregular Menstruation. HIV/Aids. Breast Enlargement. Diabetics. Vaginal Infections. Vaginal Discharge. Itching Of the Private Part. Breast Infection. Discharge from Breast. Breast Pain & Itching. Lower Abdominal Pain. No Periods or Periods Suddenly Stop. Women Sexual Problems. High Blood Pressure Chronic Disease. Pain during Sex inside the Pelvis. Pain during Urination. Pelvic Inflammatory Disease, (PID). Dripping Of Sperm from the Vagina As Well As for Low sperm count. Parkinson disease. Lupus.  Cancer.  Tuberculosis.  Zero sperm count.  Asthma.  Quick Ejaculation. Corneal Ulcer, Gallstone, Terminal Illnesses, Premature Ejaculation. Herpes. Joint Pain. Stroke. Weak Erection.  Erysipelas, Thyroid, Discharge from Penis. HPV.  Impotence Effection, Hepatitis A and B. STD. Staphylococcus + Gonorrhea + Syphilis. Heart Disease.  Pile-Hemorrhoid.rheumatism, thyroid, Autism, Penis enlargement,  Waist & Back Pain.  Male Infertility and Female Infertility. For your cure email him now:   drrealakhigbe@gmail.com    or Contact his number:  +2349010754824.

    ReplyDelete